Kamis, 27 Desember 2012

Kunci Digital


Keypad Matrix


Kunci Digital (Electronic Code Lock) adalah piranti elektronik sederhana untuk mengontrol kunci otomatis untuk membuka dan menguncinya menggunakan password.
Untuk membuat ini hanya membutuhkan AT89C2051 sebagai mikrokontroller. LCD 2x16 sebagai tampilannya dan keypad matrix 3x4 sebagai mengaksesnya.
Cara kerjanya yaitu pertama kali dihidupkan status relay on (terkunci) relay ini nantinya dihubungkan ke mekanik kuncinya, untuk membuka passwordnya tekan (5,4,3,2,1) lalu #(enter) jika salah input passwordnya bisa tekan *(clear), jika sudah benar masukan passwordnya rekay akan off (kunci terbuka) dan untuk menguncinya kembali tekan #.
Password ini bisa dirubah terserah anda dengan cara masukan password default (1,2,3,4,5) lalu enter kemudian masukan password masternya (1,2,3,4,5,6,7,8,9,0) enter ..nah baru masukan passwordnya terserah anda....
skematik dan source code disini
lihat videonya disini video design test

11 komentar:

  1. untuk keypadnya gan disambung paralel atau gemana

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan pararel tp keypad matrix..sperti gmbr diatas

      Hapus
    2. maksudnya matrix gimana?
      kalau untuk keyboard yang nyambung ke LCD itu yang mananya?

      Hapus
  2. pass zipnya apa gan ?
    boleh minta listning programnya ga ?
    kirim ke email saya gan roronoa.nambvl@gmail.com

    BalasHapus
  3. Gan ane bner2 buta nich msalah elektro, ane mau bkin ni alat, gan btw tu power dri mna gan?
    Btw bisa kirimin ane bahan2'n ga gan yg lebih jlas, biar kl ane beli ga salah gan.
    Btw tu power pke 12v bisa ga ya gan?
    Tolong jwab ya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo power emng g ad pic'y
      12v bs tp hrs pake ic regulator 7805 dlu cos asli'y tu pke power supply 5v..oklah ntar sy kirim skematic+power'y

      Hapus
  4. kalau pesan bisa dibuatkan apa ndak gan
    saya bingung
    mungkin ada komponen apa aja gitu gan

    BalasHapus

free counters